Epistemologi dan Etic Filsafat Pendidikan Matematika

Assalamualaikum! Kali ini saya akan membahas tentang epistemologi dan etic filsafat pendidikan matematika. Yuk disimak
Epistemologi diambil dari bahasa Yunani yaitu episteme yang artinya pengetahuan dan logos yang artinya ilmu. Jadi epistemologi adalah ilmu pengetahuan. Kemudian, ilmu pengetahuan macam apa yang dipelajari di filsafat pendidikan matematika? Yang dipelajari di filsafat pendidikan matematika adalah sifat, karakter, asal, dan jenis pengetahuan.

Lalu, apa sih peran dari epistemologi pendidikan matematika? Epistemologi pendidikan matematika berperan untuk memberikan jalan bagi orang – orang yang ingin mempelajari pendidikan matematika. Contoh dari epistemologi pendidikan matematika yaitu proses kegiatan yang ada dikelas atau kegiatan belajar mengajar. Disini guru bertindak sebagai fasilitator dan siswa harus berperan aktif dikelas, tidak menjadi siswa yang pasif dimana siswa hanya duduk seharian mendengarkan penjelasan dari guru dan menerima apapun yang diterima disekolah tanpa adanya pengembangan ilmu melalui berbagai cara, misal belajar kelompok.

Selain epistemologi, etic juga diperlukan di dalam filsafat pendidikan matematika. Sehingga apabila epistemologi dijalankan, dan etic juga berjalan, maka tujuan sebenarnya dari suatu ilmu tersebut dapat tercapai. Beberapa pandangan etic dari filsafat pendidikan matematika yaitu etis dualisme, multiplisitas, dan realitas.
1. Etis dualisme adalah Menghubungkan masalah tentang moral dengan kewenangan yang mutlak tanpa alasan yang rasional
2. Multiplisitas adalah mengakui bahwa adanya pandangan moral yang berbeda pada setiap masalah, tetapi tidak memiliki landasan rasional
3. Realitas adalah membutuhkan nilai-nilai yang konsisten dan berprinsip.

Sekian penjelasan saya mengenai epistemologi dan etic filsafat pendidikan matematika. Terima kasih. Wassalamualaikum

1 komentar:

  1. The Star Grand at The Star Grand at The Star
    Guests will receive access to a sauna 정읍 출장마사지 and a sauna. 청주 출장안마 광명 출장마사지 The Star Grand at The Star has over 20 award winning 사천 출장샵 dining experiences,  Rating: 전주 출장마사지 4.9 · ‎2,962 reviews

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.